Andalusianews

Andalusianews

23 Desember 2014

RZ Padang Salurkan Beasiswa Ceria

"Anak Juara fokus mendengarkan penyampaian
 materi pembinaan dari salah satu mentor
"
Padang, 21 Januari 2014
                Rumah Zakat cabang Padang salurkan beasiswa kepada anak usia sekolah di kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman. Penyaluran beasiswa ini merupakan rutinitas yang dilakukan oleh Rumah Zakat cabang Padang setiap bulanya. Selain menyalurkan beasiswa, RZ juga memberikan pembinaan karakter kepada semua anak yang menerima beasiswa di pekan ke 2 dan 3.

                Peserta pembinaan yang mendapatkan beasiswa ini merupakan anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu. Mereka yang mengikuti pembinaan terbagi dalam beberapa jenjang kelompok yaitu jenjang SD, SMP, SMA.  Setiap  Kelompok  mendapatkan pendampingan dan materi pembinaan dari seorang mentor.

                Fadilla Ramadhani Reysi (9 tahun), salah satu Anak Juara penerima beasiswa di wilayah pembinaan ICD Padang Utara  merasa senang  mengikuti pembinaan yang diberikan oleh RZ Padang. Dia selalu mengikuti pembinaan yang dilaksanakan di masjid Iman yang berada di depan makam Pahlawan Lolong. Pembinaan yang dilaksanakan di Masjid ini dimulai dari pukul 9 pagi sampai pukul 1 siang diikutinya dengan baik dan antusias. “ Dila sangat senang sekali bisa mengikuti pembinaan sama kakak mentor, selain mendapatkan ilmu dila juga dapat beasiswa. Beasiswa ini sangat membantu sekali bagi keluarga dila untuk kebutuhan sekolah” ungkapnya saat ditanya bagaimana perasaan menjadi Anak Juara RZ Padang.

                Rasa senang tidak hanya dirasakan oleh anak-anak penerima beasiswa, namun juga dirasakan oleh para mentor yang memberikan pembinaan. Jupriman koordinator wilayah pembinaan ICD Padang Utara mengaku merasa mendapatkan kesenangan  tersendiri dalam membina Anak juara apalagi saat proses pembagian beasiswa berlangsung. “ bagi Saya, melihat wajah cerah anak-anak saat menerima beasiswa memberikan kesenangan tersendiri. Saya tahu bagaimana kondisi ekonomi dari anak juara di sini. Bahkan beberapa anak juara tinggal di rumah yang kondisinya sangat memperhatinkan.” Kata lelaki itu yang juga berstatus mahasiswa di universitas Andalas Padang.

                 Ari Edo selaku  Non Formal Education di RZ Padang menjelaskan bahwa selain pelaksanaan pembinaan 2 kali dalam sebulan , RZ Padang juga memberikan pembekalan keterampilan kepada Anak Juara, diantaranya keterampilan membuat kue, kerajinan tangan dan seni, serta kelas tahfiz quran sebagai sarana mendidik kemandirian anak yang dikemas dalam program P3A atau Pusat Pengembangan Potensi Anak.

                Pembinaan serta penyaluran beasiswa yang dilakukan RZ Padang ini sudah berlansung semenjak tahun 2006 silam.  Tercatat sudah lebih 1000 anak yang berasal dari keluarga tidak mampu mendapatkan manfaat dari penyaluran beasiswa tersebut  baik yang berada di kota Padang maupun di Kabupaten Padang Pariaman. Sampai saat ini sudah  terdapat 7 wilayah pembinaan yang berada di kota Padang yaitu ICD Padang Utara, ICD Padang Timur, ICD lubuk Kilangan, ICD Lubuk Begalung, ICD Kuranji, ICD Parupuk Tabing, ICD Koto Tangah dan satu ICD di Kabupaten Padang Pariaman Yaitu ICD Batang Anai.

                Beasiswa yang diberikan kepada anak juara ini berasal dari  donasi yang disalurkan oleh donator baik bersifat  pribadi mapun lembaga ke Rumah Zakat. RZ Padang juga juga akan memfasilitasi Bagi masyarakat yang juga ingin berpartisipasi untuk menjadi dunator. masyarkat bisa langsung mendatangi kantor Rumah Zakat yang beralamat di jalan Pemuda no 26 Padang.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar