Andalusianews

Andalusianews

16 Februari 2015

Angso Duo Island Pulau Kecil Yang Menawan

" Pulau Angso Duo dengan pesona keindahan yang mengagumkan"
Pulau Angso Duo merupakan salah satu dari 4 pulau kecil yang berjejer rapi di sepanjang pesisir pantai kota Pariaman.  Pulau kecil yang sekarang menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat ini berada persis di depan pantai Gandoriah. Waktu tempuh yang dibutuhkan menuju pulau Angso Duo  kurang lebih 15 menit dengan mengunakan kapal kecil yang telah disediakan untuk  wisatawan yang ingin berkunjung kesana. Wisatawan hanya perlu membayar sebasar Rp 35.000 per orang untuk berpergian kesana, itupun sudah termasuk biaya buat balik dan juga sudah termasuk biaya asuransi.

Pulau kecil ini memiliki keindahan alam yang menawan. Pasir putih nan lembut yang membaluti sekeliling pantai pulau memberikan keindahan tersendiri saat dilihat dari kejauhan. Keindahan yang dimiliki pulau Angso Duo tidak hanya terlihat dari kejauhan saja, namun keindahannya begitu nyata saat kaki mulai menginjaki hemparan pasir putihnya. Air yang jernih serta bersih membuat Anda yang berlibur kesana dapat melihat dengan jelas terumbu karang beserta ikan-ikan kecil yang hidup disana. Mungkin sebagian Anda yang belum pernah kesana sulit untuk percaya, bahwa ketika pasang surut di siang hari Anda bisa melihat dengan jelas ratusan  bahkan ribuan ikan karang dan ketika anda beruntung Anda bisa menangkap ikan-ikan itu dengan tangan kosong tampa peralatan. 

Pemandangan indah lainya dapat terlihat ketika terik matahari menyinari permukaan air laut di sekitar pulau. Perbedaan kedalaman dasar laut menghasilkan kecerahan biru laut yang berbeda di atas permukaan laut yang mengindahkan ketika dipadang oleh mata.

Selain keindahan alam yang dimiliki oleh pulau Angso Duo yang sekarang menjadi perbincangan banyak orang, pulau ini juga menyimpan sebuah sejarah. Dimana di pulau ini terdapat sebuah kuburan yang panjangnya jauh dari rata-rata panjang kuburan biasa. Kira-kira jika diamati  panjang dari kuburan itu lebih kurang 500 Cm. Usia dari kuburan tersebut sudah lama sekali. Hal ini juga sempat dinyatakan oleh Mullis Rahman Wali kota Pariaman . "Di pulau Angso Duo terdapat sejumlah makam selain makam kuburan panjang yang ber-batu nisan 1329 Masehi dan 1315 Masehi, kemudian terdapat pula sebuah sumur tua sedalam 2,5 Meter terbuat dari susunan apik batu karang tanpa semen yang diprediksi berumur hampir seribu tahun," Ujar Mukhlis (24/9/14) lalu dalam kunjunganya untuk memastikan pulau tersebut terawat dengan baik.

Keistimewaan pulau ini telah banyak  dirasakan oleh banyak orang baik yang berasal dari daerah Pariaman sendiri maupun luar pariaman. keberadaan Pulau Angso Duo yang telah dibuka untuk umum inipun telah banyak menjadi bahan pembicaraan banyak orang mulai dari remaja, orang dewasa, bahkan juga dari kalangan mahasiswa yang penarasaran dengan keindahan pulau Angso Duo tersebut.

Semoga Pemerintah dan semua elemen masyarakat serta wisatawan yang berkunjung senantiasa menjaga dan merawat keindahan pulau yang sekarang menjadi banggaan masyarkat Pariaman.(*)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar