Andalusianews

Andalusianews

23 Februari 2015

KM Unand Siapa Presma Pilihan Mu?

" Pengambilan nomor urut Capresma BEM KM Unand"
Andalusia_News Pelaksanaan pesta demokrasi Keluarga Mahasiswa Universitas Andalas 2015 telah dimulai. Pesta demokrasi yang dikenal dengan istilah Pemilihan Raya (Pemira) ini telah dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka pemilihan Presiden Mahasiswa BEM dan juga Dewan Perwakilan Mahaiswa KM Universitas Andalas.

Pemira menjadi ajang paling  bergensi bagi  mayoritas mahasiswa di Universitas Andalas. Hal ini terbukti dengan banyaknya mahasiswa yang mendaftarkan diri untuk menjadi Presma dan anggota DPM KM Unand  ke Badan Pemilihan Umum (BPU) sebagai pihak penyelenggara pemira. 

Antusias mahasiswa yang notaben berasal dari kalangan aktivis disambut baik oleh Nanda Fazli selaku ketua Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM) KM Unand periode 2014-2015.  " Saya senang pada tahun ini banyak mahasiswa yang ikut serta mencalonkan diri menjadi  Presma dan anggota DPM. Tentu ini berbeda dengan yang terjadi pada tahun lalu. Pada  tahun ini terdapat 4 calon Presma dan 14 calon Anggota DPM yang mendaftar dan lulus verifikasi" ujar Nanda saat mengahadiri pengambilan lot nomor urut calon Presma dan calon DPM (21/2) kemaren siang   di gedung seminar PKM lantai 1. (Diketahi tahun sebelumnya pemira hanya diikuti oleh 5 Capres dan 3 calon DPM).

Penigkatan jumlah mahasiswa yang ingin terlibat dalam pesta demokrasi di Kampus berAkreditasi A ini diakui oleh Tros Relis selaku ketua Badan Pemilihan Umum (BPU). Dalam cuplikan wawancaranya dengan wartawan Genta Andalas yang juga dimuat di harian Padang Ekspres (Minggu 22 februari 2014) menjelaskan bahwa ada 16 orang mahasiswa Unand yang mendaftarkan diri menjadi calon Presiden Mahasiswa dan 16 orang yang mendaftar sebagai calon Anggota DPM. Namun yang lolos ferivikasi hanya 4 nama untuk calon presma. Selain itu juga dijelaskan bahwa sebab banyaknya calon yang gagal saat saat ferivikasi disebabkan tidak memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh BPU.

Setelah melalui tahap seleksi kelengkapan data, BPU melaksanakan pengambilan lot nomor urut bagi calon prema dan calon anggota DPM. Pengambilan nomor urut ini dilakukan pada hari sabtu (21/2) siang di ruang seminar PKM lantai satu. Pengambilan lot nomor urut calon Prema diikuti oleh semua calon yang lulus ferivikasi beserta tim sukses masing-masing. Selain itu, kegiatan ini juga turut diahadiri oleh WR 3 Universitas Andalas yang membidangi kegiatan kemahasiswaan.

Hasil dari pengambilan nomor urut calon Presma BEM KM Unand menetapkan Ferdi Novri mantan Gubernur Bem KM FMIPA periode sebelumnya sebagai calon nomor urut 1. Pengambilan nomor urut Ferdi  diwakili oleh Ridho Nofaslan yang sekarang menjabat Gubernur FMIPA. Nomor urut 2 diperoleh oleh Reido Deskumar yang pernah jadi Mentri Kajian Strategis BEM KM Unand kabinet Terus Melangkah. Selain pernah menjabat sebagi mentri di BEM KM, Reido juga dikenal aktif di himpunan jurusan Mesin Fakultas Tenik Unand dan juga Forum Indonesia Muda (FIM). Nomor urut 3 diperoleh oleh Maspin Apit FMIPA 2012 yang diketahui juga memiliki pengalaman sebagai anggota BEM KM MIPA masa kepengurusan Ferdy Novri calon prema no urut 1.

Sedangkan nomor urut 4 didapatkan oleh Edi Kurniawan mahasiswa Peternakan 2012. Edi juga pernah menjabat sebagai Gubernur BEM Fakultas Peternakan periode 2014-2015. Selain pernah memimpin di eksekutif, Dia juga pernah dipercaya sebagai Presiden Asosiasi Mahasiswa Asrama  Unand tahun 2012.

Calon Presma dan calon anggota DPM yang telah mendapatkan nomor urut akan mengikuti proses selanjutnya. Proses yang akan diikuti selanjutnya ialah kampanye Monologi dan Dialogis sesuai dengan yang telah dijadwalkan oleh Panitia pemilihan sebelum memasuki masa pencoblosan secara langsung 18 Maret mendatang.(*jupriman)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar